Mengurus STNK yang hilang

Setelah STNK motor ilang karena kejadian kemaren, dengan terpaksa STNK pengganti harus dibuat lagi. Maunya sih pake jasa calo, tapi karena ongkosnya gede akhirnya memutuskan untuk mengurus sendiri, itung2 supaya tau juga seribet apa birokrasi di samsat. Karena sama sekali tidak ada petunjuk atau informasi yang jelas di kantor samsat tentang cara pengurusan STNK yang ilang, terpaksa kontak temen untuk minta sedikit tips. Mudah2an tips pengurusan STNK ilang bisa berguna buat yang lain :)

Yang pertama kali dilakukan setelah STNK kita ilang adalah segera laporkan ke pos atau kantor polisi terdekat untuk meminta surat laporan kehilangan. Setelah surat laporan kehilangan di tangan, langkah berikutnya menuju poltabes, di denpasar letaknya di jl. gunung sanghyang. Di poltabes masuk ke bagian ruangan tilang dan rekomendasi STNK, lokasinya persis di sebelah musholla. Di sana serahkan surat laporan kehilangan tadi, mereka akan membuat surat rekomendasi STNK dengan biaya sepuluh ribu, isinya menyatakan bahwa STNK kita memang benar2 ilang dan bukan menjadi bukti tilang. Surat rekomendasi ini dibuat katanya untuk menghindari orang yang ditilang dan melakukan laporan palsu dengan mengatakan bahwa STNK-nya ilang.

Dengan modal surat laporan kehilangan, surat rekomendasi, fotokopi KTP dan fotokopi BPKB, selanjutnya menuju kantor samsat, di denpasar letaknya di daerah renon. Hal pertama adalah melakukan cek fisik, mintalah blanko cek fisik di counter cek fisik, kemudian antri kendaraan untuk cek fisik, serahkan blanko kpd petugas, blanko tersebut akan ditempelkan dan digosokkan di nomer rangka dan nomer mesin. Setelah selesai, kembali ke counter cek fisik utk menyerahkan blanko tersebut untuk disahkan.

Selesai cek fisik, masukkan semua berkas yaitu blanko cek fisik, surat laporan kehilangan, surat rekomendasi, fotokopi KTP dan fotokopi BKP kedalam map biru yang bisa dibeli di koperasi samsat (bisa aja nyari duit :) ). jangan lupa tuliskan nomer kendaraan pada map tersebut.

huhh..kurang satu surat lagi, di samsat orang bilang minta surat leges ke gedung belakang bagian pajak. Gak jelas gedung apa tapi digedung tersebut kita akan meminta surat yg menyatakan bahwa kita telah membayar pajak kendaraan. Serahkan saja map itu, nanti kita akan diberikan satu surat pernyataan bahwa kita telah membayar pajak.

terakhir, dengan map lengkap termasuk surat pernyataan pajak tadi, naiklah ke lantai dua ke bagian duplikat STNK. tapi sebelumnya, fotokopikan surat kehilangan yg pertama kali kita buat. fotokopi tersebut akan menjadi stnk sementara kita selama stnk pengganti dalam proses. proses penggantian STNK memerlukan waktu satu minggu dengan biaya lima puluh ribu. Setelah seminggu dateng kembali ke bagian duplikat STNK untuk mengambil STNK yg sudah jadi.

ribet ya? :)

14 thoughts on “Mengurus STNK yang hilang”

  1. pak, total biayanya berapa tuh?
    waktu lapor kehilangan di pos terdekat ada biaya ga?
    kalo no stnk berubah tapi di bpkb masih no lama gimana?

  2. kalau pemasangan iklan di koran dan radio itu kalo bpkb hilang pak, kebetulan saya baru aja kehilangan trus googling sempet baca webnya polisi yang isinya banyak pertanyaan2 hilang.tks

  3. saya kehilangan stnk motor yang baru kami beli dan belum kami balik nama,bagaimana cara proses pengurusanya

  4. kemarin saya dah pasang iklan di koran………tapi kata pak polisi harus menunggu 2 blan baru bisa di urus…ah sial

  5. mau tau pungli di samsat waktu bikin STNK ??

    oia, sbelum gw cerita panjang banget, ternyata kantor samsat baik hati jg lho, coz pas di pintu masuk ada tulisan “PARKIR GRATIS”. walau kedengerannya agak mencurigakan.

    ni gw kasih tau urutan pungli_nya (berdasarkan pengalaman gw) :

    1# form cek fisik = 10 rebu
    2# legalisir form cek fisik = 30 rebu
    3# cek pajak (org perpajakan) = 10 rebu
    4# cek blokir NKB = 5 rebu

    itu baru “pungli” di bagian persyaratan awal,, nah ni lanjutannya..

    5# form pendaftaran STNK = 20 rebu
    6# ambil notice = 30 rebu

    STNK udah siap cetak, tinggal bayar pajak. tapi hrs nunggu 3 hari.
    dan hebatnya, STNK bisa jadi saat itu juga asal harus ngerogoh kantong lagi.
    (punglinya dilanjut ya..)
    monggoo..

    7# percepatan proses pembuatan STNK= 20 rebu
    8# pembukuan di TU = 10 rebu

    tinggal berurusan sm orang perpajakan ni..

    9# adm pajak STNK = 2 rebu

    udah kelar deh..tinggal nunggu STNK selesai di print. tapi laammmmmaaaaaaa bgt nunggunya.
    smp 1 jam!!
    mo cepet ?? bisa!

    10# percepatan printer = 5 rebu.

    udah cukup.
    kalo di total jd 142 rebu.
    itu diluar biaya resmi yg masuk kas negara.
    padahal biaya resmi pembuatan STNK cm “50 rebu perak”.
    telak kan?

    terahir, “kecurigaan” gw terbukti.

    last# biaya parkir = 2.000 !!

  6. STNK aq hilang.,.,.,
    bapak dan ibu aq memarahi aq.,.,., tp aq gak tau, persis hilangnya ntu, jatuh atau gmn

  7. pak,stnk hilang menurut prosudernya gimana?biar tdk ada pungli dan biaya brp?trimksh

  8. memang pelayanan disamsat gak memuaskan, apalagi petugas yg berseragam…. kl ditanya jwbnya gak ramah sama sekali…. korupsinya jg banyak,,, moga pemerintah kita memperhatikan kasus2 korupsi yg ada di samsat………….

  9. STNK-ku kecuri, trus q tx pegawai samsat yg kuknal ktax biaya duplikatnya 250 rb, bner nggak tuh???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>